Lupus, Kisah Si Kupu-Kupu Lucu

Si Lupie, simbol penyakit Lupus dari SDF digambarkan sebagai kupu-kupu gemuk lucu yang menggemaskan. Namun tidak demikian sesungguhnya dengan penyakit lupus itu sendiri. Dalam ilmu kedokteran, lupus dikenal dengan nama Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Dia merupakan penyakit peradangan menahun yang dapat mengenai berbagai organ dan sistem tubuh sebagai reaksi alergi terhadap diri sendiri atau disebut juga autoimun. Autoimun berasal dari kata auto artinya sel atau jaringan tubuh sendiri. Imun artinya sistem pertahanan tubuh. Jadi autoimun artinya situasi saat sistem imun tidak mengenali sel atau jaringan tubuh sendiri.

BACA SELANJUTNYA
Nama : Aminah
Nama : AminahProfesi : Perawat
15 tahun bergabung dengan SDF tujuan nya cuma satu : menjadi hamba yg mampu memberikan manfaat untuk orang lain di antaranya turut lakukan pendampingan. Tak ada yang lebih bahagia ketika menerima WA spt ini : “Masya Allah ditengah kesedihan n kebingungan mesti gmn nanganin ini anak, Allah kirimkan org yg care seperti umi Emoji” dari seorang ibu yang dampingi anaknya yang baru terdiagnosa. Hal yang amat kecil ternyata mampu berikan kekuatan bagi sang ibu. Terus berbagi, terus memberikan manfaat semampu yg kita bisa…

TESTIMONI

Perwakilan dari Komunitas
 

Bale Kupu merupakan komunitas Lupus Lombok, terbentuk untuk mewadahi odapus dan keluarga berbagi cerita, menjalin asa dan menebar cinta. Dalam perjalanannya Bale Kupu mendapatkan dukungan yang luar biasa dari SDF, antara lain  berupa :

  • Pendampingan pembentukan komunitas;
  • Membantu membuka jaringan;
  • Dukungan dalam acara-acara seminar yang diselenggarakan oleh Bale Kupu;
  • Pemberian obat-obatan bagi kawan odapus;
  • Pemberian bantuan APD di saat pandemi;
  • Bantuan alat edukasi tentang lupus berupa buku dan selebaran;

Dan masih banyak lagi.

 

Dukungan ini tentu saja sangat membantu kami yang terbentuk secara informal  dan  belum memiliki dukungan SDM yang tetap.

Harapan kami hubungan mesra antara Bale Kupu dan SDF yang telah terjalin selama ini dapat berjalan lebih erat lagi dalam menebarkan semangat ‘Never Give Up!’ diantara para odapus dan keluarga.

Salam Never Give Up!

A.n. Bale Kupu
Yung Aulia Warastiti